Kamis, 15 November 2012

Manfaat pepaya untuk kesehatan/kecantikan

Manfaat pepaya untuk kesehatan dan kecantikan
Manfaat pepaya untuk kesehatan dan kecantikan. Pepaya (Carica papaya L.), atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. C. papaya adalah satu-satunya jenis dalam genus Carica. Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, "papaja", yang pada gilirannya juga mengambil dari nama bahasa Arawak, "papaya".
Dalam bahasa Jawa pepaya disebut "katès" dan dalam bahasa Sunda "gedang".

Buah pepaya dimakan dagingnya, baik ketika muda maupun masak. Daging buah muda dimasak sebagai sayuran. Daging buah masak dimakan segar atau sebagai campuran koktail buah. Pepaya dimanfaatkan pula daunnya sebagai sayuran dan pelunak daging. Daun pepaya muda dimakan sebagai lalap (setelah dilayukan dengan air panas) atau dijadikan pembungkus buntil. Oleh orang Manado, bunga pepaya yang diurap menjadi sayuran yang biasa dimakan. Getah pepaya (dapat ditemukan di batang, daun, dan buah) mengandung enzimpapain, semacam protease, yang dapat melunakkan daging dan mengubah konformasiprotein lainnya. Papain telah diproduksi secara massal dan menjadi komoditas dagang. Daun pepaya juga berkhasiat obat dan perasannya digunakan dalam pengobatan tradisional untuk menambah nafsu makan.http://id.wikipedia.org/wiki/Pepaya

Manfaat dan khasiat daun pepaya untuk kesehatan
Manfaat dan khasiat daun pepaya adalah sebagai berikut;
Solusi bagi jerawat
Daun pepaya mempunyai khasiat sebagai solusi bagi mereka yang mempuyai jerawat yang membandel. Cara pembuatannya yaitu; petik 2-3 helai daun tua pepaya kemudian jemur sebentar sehingga daun tampak layu. Setelah itu daun yang sudah layu ditumbuk sampai halus. Hasil tumbukan diberi sedikit air ( setengah sendok ) dan oleskan pada bagian wajah yang terdapat jerawat sampai beberapa saat ( sekiranya da neresap pada jerawat ) setelah itu bilas dengan air bersih ( jangan menggunakan pembersih wajah ataupun sabun untuk membersihkan ramuan tersebut dari wajah).

Untuk mengatasi jerawat dan bekasnya selain menggunakan daun pepaya bisa dilihat pada halaman cara mengatasi jerawat dan bekasnya , pada halaman tersebut ada beberapa cara alami untuk mengatasi jerawat dan bekasnya.

Penolak atau pencegah kanker (Antikanker) 
Daun pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu (white milky latex), yang berpeluang dikembangkan sebagai antikanker, sebagaimana dikutip dari Journal Society of Biology. Getah ini otomatis didapatkan saat kita mengkonsumsi daun pepaya, dimasak dengan cara apa pun.

Penambah nafsu makan
Daun pepaya dapat berkhasiat sebagai penambah nafsu makan untuk orang dewasa maupun anak anak. Cara membuat ramuan penambah nafsu makan adalah dengan menumbuk halus atau bisa juga dengan blender campuran daun pepaya satu lembar ditambah sedikit garam dan air hangat secukupnya. Setelah dihaluskan dilanjut dengan menyaringnya. Setelah disaring ramuan siap diminum.

Penstabil tekanan darah
Daun pepaya juga dapat berkhasiat sebagai pengontrol tekanan darah yang bermanfaat bagi penderita tekanan darah tinggi. Caranya; Siapkan 5 lembar daun pepaya kemudian rebus dengan air sebanyak 1/2 liter hingga tinggal 3/4 nya. Dinginkan kemudian airnya siap diminum. Saat minum bisa dicampur dengan madu sebagai pelengkap dan pemanis.http://www.bagi.me/2012/07/manfaat-daun-pepaya.html

Manfaat dan khasiat Buah Pepaya

Berikut saya akan tunjukkan pada anda tentang fungsi dari buah pepaya yang saya kutip dari beberapa sumber termasuk dari Times of India.

1. Bermanfaat untuk Penyembuhan Luka
Jika anda mengalami luka atau cedera, manfaatkan saja kulit pepaya. Kulitnya dapat membantu untuk menyembuhkan luka kulit dan cedera.

2. Bermanfaat untuk Diet
Pepaya adalah buah rendah kalori gizi tinggi. Makan buah pepaya dengan kandungan tersebut sangat baik bagi mereka yang sedang melakukan diet.

3. Bermanfaat untuk Kesehatan Rambut
Kulit kepala dan rambut yang sehat tentu adalah dambaan setiap orang seperti saya misalnya. Tidak usah beli bahan yang mahal-mahal untuk memiliki rambut yang sehat. Manfaatkan saja buah pepaya. Beli di pasar tentu tidak menguras uang di kantong. paling antara 10,000 hingga 15,000. Kalau di tempat saya bisa didapat dengan gratis. He he he. Menurut penelitian makan buah pepaya dengan teratut dapat membantu pertumbuhan rambut dan juga bisa mengendalikan munculnya di ketombe penyakit rambut banyak orang.

4. Bermanfaat Mengatasi Osteoporosis, arthritis, dan edema
Di dalam buah pepaya terkandung senyawa anti-inflamasi dan anti-kanker yang sangat banyak. Bagi anda yang mengalami edema, osteoporosis, dan arthritis disarankan untuk mengonsumsi buah pepaya secara teratur.

5. Bermanfaat untuk Mengatasi Sembelit dan Gangguan Pencernaan
Mungkin anda pernah mengalami yang namanya sembelit? Penyakit yang menurut saya sangat menyebalkan. Suda perut melilit mau keluar isinya ... eh..ketika berada di atas jamban tidak bisa dikeluarkan. Sebel dech. Kalau masih kecil dulu sampai nangis-nangis gara-gara penyakit yang satu ini. Padahal solusinya sangat mudah. Manfaatkan saja buah Pepaya. Buah pepaya terkenal sangat handal untuk mengatasi sembelit dan juga bisa membantu mengatasi terjadinya gangguan perncernaan.

6. Bermanfaat untuk Mengusir Racun Tubuh
Tahu nggak, bahwa apa yang kita makan setiap hari bisa menjadi racun bagi tubuh anda? Bahaya khan. Racun kok dimakan. Tapi jangan khawatir, karena ada solusi untuk dapat mengusir racun-racun tersebut. Tiada lain buah pepaya itu sendiri sebagai pengusir racun. Buah pepaya adalah merupakan bagian solusi detoksifikasi yang sangat ampuh. Mengonsumsi buah pepaya dalam jumlah yang cukup dapat menghalau bersemayamnya racun-racun di dalam tubuh. http://infosehattt.blogspot.com/2012/08/manfaatbuahpepaya.html

Manfaat  dan khasiat Biji Pepaya
Biji pepaya, di luar dugaan, juga bermanfaat, karena itu jangan membuangnya. Biji hitam dengan selaput bening ini memiliki nutrisi penting dengan khasiat sebagai berikut:

  • Antibakteri, yang efektif melawan bakteri E. coli, Salmonella, dan infeksi Staphylococcus.
  • Menjaga kesehatan ginjal. Ekstrak biji pepaya mampu melindungi ginjal dari racun yang memicu problem gagal ginjal.
  • Membunuh parasit dalam pencernaan. Sudah ditemukan bukti bahwa biji pepaya mampu memberantas parasit dalam pencernaa. Dalam sebuah studi terhadap anak-anak Nigeria yang mengidap parasit dalam pencernaan, 76,6 persennya dinyatakan bebas parasit setelah tujuh hari mengonsumsi biji pepaya.
  • Membersihkan hati dari racun-racun. Dalam pengobatan China, satu sendok teh biji pepaya dapat membantu mendetoksifikasi hati (liver). Oleh karena itu biji pepaya sering direkomendasikan dokter-dokter naturopati untuk perawatan cirrhosis liver (pengerasan

Manfaat Pepaya Untuk Kecantikan

Pepaya juga sangat bermanfaat bagi kulit Anda. Saat ini sudah banyak produk kosmetik herbal seperti shampoo, krim wajah, dan salep yang mengandung ekstrak pepaya. Manfaat pepaya ini juga sudah sangat terkenal di masyarakat Jawa untuk membersihkan wajah.

Berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat pepaya :

a. Mencegah keriput dan penuaan dini
Buah yang kaya akan antioksidan ini sehingga sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang bisa mempercepat kulit Anda mengalami penuaan kulit serta masalah kulit lainnya. Jadi, untuk menjadikan kulit kesayangan Anda awet muda gunakanlah pepaya sebagai bahan kecantikan untuk perawatan wajah Anda.

Cara yang bisa Anda gunakan yakni gunakan pepaya secukupnya dan hancurkan. Pepaya yang telah dihancurkan ini selanjutnya oleskan langsung pada wajah. Tunggu hingga kering lalu bilas dengan air hangat
b. Menghilangkan Jerawat
Untuk menghilangkan jerawat, gunakan pepaya yang sudah dihancurkan dan dicampur dengan satu sendok makan madu. Lalu campuran ini langsung oleskan ke wajah Anda, dan biarkan hingga mengering. Setelah itu bilas dengan air hangat. Untuk memaksimalkan penyembuhan, konsumsi pula buah papaya yang telah masak secara rutin.  http://www.anisaskincare.com/manfaat-buah-pepaya-untuk-kecantikan/

Semoga tips ini dapat memberikan Anda pengetahuan baru tentang manfaat papaya. Semoga Bermanfaat..


manfaat buah semangka,manfaat buah pisang,manfaat buah pepaya untuk kesehatan,manfaat buah pepaya bagi kesehatan,khasiat buah pepaya,manfaat buah alpukat,manfaat buah apel,manfaat buah pepaya,kandungan pepaya,manfaat pepaya,cara budidaya pepaya,jenis pepaya,klasifikasi pepaya,khasiat pepaya,morfologi pepaya,biji pepaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar