Kamis, 15 November 2012

Kanker (penyebab,jenis dan gejala penyakit)

Kanker (penyebab,jenis dan gejala penyakit). kanker atau neoplasma ganas adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk:
  1. tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal)
  2. menyerang jaringan biologis di dekatnya.
  3. bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik, disebut metastasis.

Tiga karakter ganas inilah yang membedakan kanker dari tumor jinak. Sebagian besar kanker membentuk tumor, tetapi beberapa tidak, seperti leukemia. Cabang ilmu kedokteran yang berhubungan dengan studi, diagnosis, perawatan, dan pencegahan kanker disebut onkologi.

Kanker dapat menyebabkan banyak gejala yang berbeda, bergantung pada lokasi dan karakter keganasan, serta ada tidaknya metastasis. Diagnosis biasanya membutuhkan pemeriksaan mikroskopik jaringan yang diperoleh dengan biopsi. Setelah didiagnosis, kanker biasanya dirawat dengan operasi, kemoterapi, atau radiasi.

Klasifikasi kanker
Pada umumnya, kanker dirujuk berdasarkan jenis organ atau sel tempat terjadinya. Sebagai contoh, kanker yang bermula pada usus besar dirujuk sebagai kanker usus besar, sedangkan kanker yang terjadi pada sel basal dari kulit dirujuk sebagai karsinoma sel basal. Klasifikasi kanker kemudian dilakukan pada kategori yang lebih umum, misalnya:
  1. Karsinoma, merupakan kanker yang terjadi pada jaringan epitel, seperti kulit atau jaringan yang menyelubungi organ tubuh, misalnya organ pada sistem pencernaan atau kelenjar. Contoh meliputi kanker kulit, karsinoma serviks, karsinoma anal, kanker esofageal, karsinoma hepatoselular, kanker laringeal, hipernefroma, kanker lambung, kanker testiskular dan kanker tiroid.
  2. Sarkoma, merupakan kanker yang terjadi pada tulang seperti osteosarkoma, tulang rawan seperti kondrosarkoma, jaringan otot seperti rabdomiosarcoma, jaringan adiposa, pembuluh darah dan jaringan penghantar atau pendukung lainnya.
  3. Leukemia, merupakan kanker yang terjadi akibat tidak matangnya sel darah yang berkembang di dalam sumsum tulang dan memiliki kecenderungan untuk berakumulasi di dalam sirkulasi darah.
  4. Limfoma, merupakan kanker yang timbul dari nodus limfa dan jaringan dalam sistem kekebalan tubuhhttp://id.wikipedia.org/wiki/Kanker
Macam macam penyakit kanker
Beberapa jenis kanker lainnya yang banyak dikenal masyarakat antara lain:
  1. Kanker otak
  2. Kanker serviks
  3. Limfoma Hodgkin
  4. Kanker ginjal
  5. Leukemia / kanker darah
  6. Kanker hati
  7. Non-Hodgkin limfoma
  8. Kanker ovarium
  9. Kanker kulit
  10. Kanker testis
  11. Kanker tiroid
  12. Kanker rahim
  13. Kanker prostat
  14. Kanker usus
Gejala kanker tergantung pada jenis dan lokasi tumor. Sebagai contoh, kanker paru-paru dapat menyebabkan batuk, sesak napas, atau nyeri dada. Kanker usus besar sering menyebabkan diare, sembelit, dan darah dalam tinja. Beberapa kanker mungkin tidak memiliki gejala sama sekali. Pada kanker tertentu, seperti kanker kandung empedu, gejala sering tidak ada walaupun sampai penyakit telah mencapai stadium lanjut.

Gejala gejala penyakit kanker
Gejala-gejala berikut adalah gejala umum pada penyakit kanker (namun tidak menutup kemungkinan salah satu atau lebih tidak terjadi pada jenis penyakit kanker tertentu):
  1. Panas dingin
  2. Kelelahan
  3. Demam
  4. Kehilangan nafsu makan
  5. Rasa tidak enak
  6. Berkeringat terutama pada malam hari

Obat herbal untuk kanker berikutnya >>>>

  1. Kanker (penyebab,jenis dan gejala penyakit)
  2. Obat herbal untuk kanker
  3. Obat herbal untuk kanker otak
  4. Obat herbal untuk kanker paru-paru
  5. Obat herbal untuk kanker payudara
  6. Obat herbal untuk kanker serviks
  7. Obat herbal untuk kanker usus


penyebab penyakit kanker,gejala penyakit kanker,penyakit kanker serviks,penyakit jantung,penyakit leukimia,penyakit tumor,penyakit kanker otak,macam-macam penyakit kanker

Tidak ada komentar:

Posting Komentar