Senin, 12 November 2012

Cara mengatasi benjolan di vagina

Cara mengatasi benjolan di vagina. Vagina (dari Latin yang makna literalnya "pelindung" atau "selongsong") atau puki adalah saluran berbentuk tabung yang menghubungkan uterus ke bagian luar tubuh pada mamalia dan marsupiliabetina, atau ke kloaka pada burung betina, monotrem, dan beberapa jenis reptil.
Serangga dan beberapa jenis invertebrata juga memiliki vagina, yang merupakan bagian akhir dari oviduct. Vagina merupakan alat reproduksi pada mamaliabetina, seperti halnya penis pada mamalia jantan.

Benjolan di vagina – Benjolan pada organ intim wanita (vagina) disebabkan karena tersumbatnya kelenjar bartholin.

Apa itu kalenjer bartholin? Kelenjar bartholin adalah berupa dua buah organ di bawah kulit vagina yang seukuran kacang yang berperan dalam proses lubrikasi vagina. Jika kelenjar ini tersumbat, sekresi cairan pelumas terjebak dan menyebabkan tumbuhnya benjolan kecil yang lembut, licin dan membengkak di dekat lubang vagina inilah yang menyebabkan Benjolan di vagina.

Cara mengatasi benjolan di vagina :
  • Bartholin yang tersumbat biasanya jinak dan tidak memerlukan pengobatan yang berat misal operasi. Untuk mengatasi benjolan di vagina bisa dengan mandi air hangat selama 20 menit dua atau tiga kali sehari.
  • Jika benjolan di vagina menjadi terasa sakit atau ukurannya bertambah besar, cobalah berkonsultasi pada dokter spesialis, biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan prosedur marsupialization. Prosedur ini termasuk pengeringan benjolan, kemudian menjahit dinding benjolan pada kulit luar untuk membuat saluran baru. 
Cara mengobati Benjolan di vagina dengan cara ini akan sembuh dalam waktu sekitar 1 bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar