Sabtu, 27 Oktober 2012

KRITERIA PASOKAN JAHE GAJAH

KRITERIA PASOKAN JAHE GAJAH
Jahe gajah usia 9 bulan atau indukan. Jahe gajah segar permintaan pasar lokal tidak diperlukan spesifikasi atau grade tertentu. Segala macam bentuk dan ukuran diterima asal dalam kondisi sehat dan segar. Jahe dipacking dengan menggunakan kemasan karung net atau karung goni isi 50 kg / karung.


Jahe gajah segar permintaan export dibagi menjadi tiga grade yaitu grade A , grade B dan grade C. Grade A memiliki berat 200 gram up / rimpangnya, bentuk rimpang besar dan gemuk serta warna kulit mengkilap. Grade B memiliki berat 100 gram up / rimpang dengan bentuk rimpang sedang. Grade C memiliki berat minimal 50 gram / rimpang dengan bentuk rimpang kecil-kecil.


Jahe gajah untuk export dibedakan menjadi dua macam yaitu jahe gajah segar bersih tanah dan jahe gajah segar bersih cuci. Bersih tanah artinya kondisi jahe yang diminta masih diperbolehkan memiliki kandungan tanah yang menempel pada jahe maximal 5%, sedangkan bersih cuci adalah jahe yang akan dikirim betul-betul bersih dari tanah setelah dilakukan pencucian.

Jahe gajah bersih cuci hanya diperuntukkan bagi grade A saja. Pada waktu proses pencucian harus dilakukan dengan hati-hati agar jangan sampai terjadi pengelupasan kulit, disamping menurunkan mutu jahe juga rawan terkena penyakit. Jahe yang terkelupas kulitnya saat pencucian biasanya jahe gajah muda yang ikut terpanen.

Jahe gajah yg telah dicuci dikeringanginkan dengan tidak terkena sinar matahari langsung karena menyebabkan penyusutan. Jahe gajah bersih cuci dipacking menggunakan kemasan kardus isi 20 kg sementara jahe gajah bersih tanah yang sudah digrade dikemas dengan waring / karung net berisi 12 kg atau 50 kg sesuai grade. Dibutuhkan ± 28 ton jahe gajah untuk mengisi 1 container 40 feet.


Jahe gajah yang diminta dalam bentuk kering berupa rajangan jahe gajah kering dengan kadar air 17%. Untuk mendapatkan jahe kering berkualitas diperlukan jahe segar yang betul-betul tua. Setelah dirajang jahe dijemur dengan bantuan sinar matahari. Dari 8 kg jahe gajah segar tua setelah diproses biasanya didapatkan 1 kg jahe kering. Rajangan kering dikemas dengan karung goni isi 50 kg s/d 100 kg.


Jahe gajah permintaan asinan didapatkan dari jahe gajah muda yang berumur 3 s/d 4 bulan dengan kondisi tanaman yang masih hijau. Kriteria jahe gajah untuk asinan adalah jahe gajah muda dalam keadaan segar, tidak berpenyakit, memiliki rimpang yang gemuk dan belum berserat dan ujung rimpang masih berwarna kemerah-merahan.


ARTIKEL TERKAIT
Peluang usaha
  1. ANALISI/RINCIAN ANGGARAN BUDI DAYA JAHE
  2. KEWIRAUSAHAAN PERMEN JAHE
  3. Membuat Minuman Jahe Instan
  4. Metode Pembuatan Minyak Jahe
  5. Peluang Usaha Bisnis Minuman Jahe Merah
  6. Peluang Usaha Budidaya Jahe Gajah
  7. Peluang Usaha Minyak Atsiri Jahe
  8. Proposal Pertanian Budidaya Jahe Gajah
  9. Prospek Usaha Jahe Gajah
Produk Olahan Jahe
  1. KEWIRAUSAHAAN PERMEN JAHE
  2. Membuat Minuman Jahe Instan
  3. Membuat Minyak Atsiri
  4. Peluang Usaha Minyak Atsiri Jahe
  5. Produk Olahan Jahe
  6. RESEP SAMBAL JAHE
harga jahe gajah,budidaya jahe gajah,beli jahe gajah,jahe emprit,jual jahe gajah,cara menanam jahe,nama latin jahe gajah,ikan jahe gajah
ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

Tidak ada komentar:

Posting Komentar